sumber nilai islam

by Ekonomi Syariah on July 28, 2011

Sumber Nilai Islam

Ketika Rasulullah saw mengutus Mu’adz bin Jabal ke Yaman beliau bertanya kepada Mu’adz, “Dengan pedoman apa anda memutuskan suatu urusan?”

Jawab Mu’adz : Dengan Kitabullah
Tanya Rasul : Kalau tidak ada dalam al-Qur’an?
Jawab Mu’adz : Dengan Sunnah Rasulullah
Tanya Rasul : Kalau dalam Sunnah juga tidak ada?
Jawab Mu’adz : Saya berijtihad dengan pikiran saya.
Sabda Rasul : Maha Suci Allah yang telah memberikan bimbingan kepada utusan Rasul-Nya, dengan satu sikap yang disetujui Rasul-Nya (H.R. Abu Dawud dan Turmudzi)

Dari peristiwa ini dapat diambil kesimpulan tentang nilai dan sumber nilai islam, yaitu Al-Quran, Sunnah dan Ijtihad. Ayat-ayat al-Quran yang mendukung bahwa al-Quran, as-Sunnah, dan Ijtihad merupakan nilai dan sumber nilai seorang muslim, dapat kita temukan dalam banyak surat.

Kesimpulan lain yang dapat diambil dari peristiwa tersebut di atas ialah bahwa penggunaan tiga sumber nilai itu hendaknya di prioritaskan yang pertama, kemudian yang kedua dan selanjutnya baru yang ketiga. Konsekuensinya adalah apabila bertentangan satu dengan yang lain, maka hendaknya dipilih al-Quran terlebih dahulu kemudian yang kedua, al-Hadits.

Yang perlu dicatat adalah bahwa, sekalipun ketiga-tiganya adalah sumber nilai, akan tetapi antara satu dengan yang lainnya mempunyai tingkatan kualitas dan bobot yang berbeda-beda dengan pengaruh hukum yang berbeda-beda pula.

Incoming search terms:

  • sumber nilai islam
  • sumber nilai dan hukum syariat islam
  • nilai islam
  • sumber-sumber nilai islam
  • sumber nilai isla

Leave a Comment

Previous post:

Next post:

</