Serat Abaca dan Serat Nenas

Abaca dengan nama latin “Musa textillis Nee” adalah tumbuhan yang termasuk dalam famili Musaceae yang berasal dari Filipina yang telah dikenal dan telah dikembangkan sejak tahun 1519. Terdapat beberapa nama daerah tanaman Abaca yaitu pisang Manila (Menado), Cau Manila (Sunda), Kofo sangi (Minahasa) dan Manila Henep.

Abaca adalah salah satu penghasil serat yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan rakyat seperti bahan pakaian, anyaman topi, tas, peralatan makan, kertas rokok, sachet teh celup. Selain itu juga untuk jenis kertas yang memerlukan kekuatan dan daya simpan yang tinggi seperti kertas surat, kertas dokumen serta kertas peta. Tanaman Abaca penghasil serat panjang yang banyak digunakan sebagai bahan pembuat tali kapal laut, karena seratnya kuat, mengapung diatas air, dan tahan air garam. Sedangkan limbahnya dapat dipergunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kompos bahan baku untuk langit-langit pintu dan lain-lain.

Sejak tahun 2003 Bapak Sjahrani mulai mengolah tanaman ini menjadi serat yang berdaya guna, selain menerima pemesanan pelepah abaca, serat abaca, serat nenas diapun dapat membantu para petani atau pemilik kebun yang telah menanam pohon ini untuk diolah menjadi serat abaca.

Selain mengolah pelepah abaca, pelepah nenas menjadi serat abaca dan serat nenas, saat ini beliau menggeluti bidang pengolahan singkong, untuk dibuat gaplek atau tepung.

Berikut ini adalah foto kegiatan proses pembuatan serat abaca dan serat nenas. Jika Anda tertarik untuk membeli serat abaca untuk bahan kerajinan anda dapat menghubungi Bapak Sjahrani. atau mungkin bagi pemilik pohon yang ingin kerjasama

Silakan hubungi Bapak Sjahrani: 0852 2101 5227
Chat Yahoo Messenger:

Untuk melihat detail proses pembuatan serat abaca silakan klik photo dibawah ini:

Proses pembuatan serat nenas bisa dibilang cukup lama dengan hasil yang tidak banyak, hal ini dikarenakan proses yang di lakukan Bapak Sjahrani: 0852 2101 5227 untuk menghasilkan serat yang bagus, bersih dari daun/pelepah dilakukan berulang kali agar dapat menghasilkan serat nenas pilihan Andapun  bisa melihat hasilnya pada gambar di bawah ini.

Untuk melihat detail proses pembuatan serat nenas silakan klik photo dibawah ini:

  1. Form Kontak
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. Captcha
 

Incoming search terms:

  • serat abaca
  • serat abaka
  • serat nanas
  • pisang abaca
  • abaca
  • serat henep
  • pisang abaka
  • serat pisang abaca
  • serat daun nanas
  • serat nenas

{ 1 comment }

1 whisnu budi prihatin October 11, 2010 at 8:27 am

Memang benar bahwa serat abaca merupakan serat yang banyak memililki keunggulan disamping untuk serat pakaian juga untuk serat filler composites untuk bahan bangunan.

SK Composites sedang mengembangkan serat abaca ini untuk bahan bangunan spt: Dinding rumah, kusen pintu jendela, daun pintu, atap dan lantai. Bahkan dengan beberapa produsen mobil SK Composites sedang mengembangkan bagian interior dalam mobil.

Banyak sekali manfaat serat abaca ini untuk industri Composites. SK Composites dengan Dinar Islam sedang membangun Masjid Gedebog pisang Abaca . Masjid berukuran 25mx30m menggunakan teknologi Composites.

Masjid ini dibangun dikawasan pesantren Darul Mutaqin di Jonggol Farm Jawa Barat

Comments on this entry are closed.