Modal Awal koperasi Syariah

by admin on February 13, 2009

koperasisyariah.com

Koperasi

Koperasi syariah berdiri untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta turut membangun tatanan perekonomian yang berkeadilan sesuai dengan prinsip-prinsip islam.

Membentuk koperasi memang diperlukan keberanian dan kesamaan visi dan misi di dalam intern pendiri. mendirikan koperasi syariah akan memerlukan perencanaan yang cukup bagus agar tidak berhenti di tengah jalan.

mendirikan koperasi syariah harus memiliki modal awal, modal awal ini dikumpulkan dari anggota koperasi. koperasi syariah agar diakui keabsahannya hendaklah disahkan oleh notaris, biaya pengesahan relatif tidak begitu mahal berkisar 300 ribu rupiah.

Modal Awal koperasi bersumber dari dana usaha,dana-dana ini dapat bersumber dari dan diusahakan oleh koperasi syariah, misalkan dari Modal Sendiri, Modal Penyertaan dan Dana Amanah.

Modal Sendiri didapat dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan, Hibah, dan Donasi, sedangkan Modal Penyerta di dapat dari Anggota, koperasi lain, bank, penerbitan obligasi dan surat utang serta sumber lainnya yang sah. Adapun Dana Amanah dapat berupa simpanan sukarela anggota, dana amanah perorangan atau lembaga.

Oleh Edwin Ardiansyah

Incoming search terms:

  • koperasi simpan pinjam syariah
  • cara mendirikan koperasi syariah
  • cara membuat koperasi syariah
  • cara mendirikan koperasi simpan pinjam
  • pendirian koperasi syariah
  • syarat mendirikan koperasi syariah
  • syarat pendirian koperasi syariah
  • syarat mendirikan koperasi
  • mendirikan koperasi syariah
  • cara mendirikan koperasi

{ 47 comments… read them below or add one }

1 anto May 25, 2009 at 10:24 pm

Yth. Pak Edwin

Kami ingin Penjelasan mengenai tatacara yang praktis untuk mendirikan Koperasi Syariah.

Terimakasih

2 titik June 8, 2009 at 2:40 pm

apa pengertian simpanan qurba?saya kesulitan mencari di internet.
mohon bantuannya..terima kasih

3 Edwin Ardiansyah June 9, 2009 at 2:17 pm

Assalamu’alaikum wr. wb Salam Kenal Pak Anto. Kami mencoba untuk menjawab. Mekanisme pendirian koperasi syariah terdiri dari beberapa tahap.
1. Pengumpulan anggota, minimal 20 orang,
2. Anggota melakukan rapat, untuk memilih pengurus koperasi(ketua, sekertaris, dan bendahara)
3. Kumpulkan Photocopy KTP dari setiap Anggota
4. Ajukan ke Notaris untuk membuatkan akta pendirian koperasi syariah,
pembuatan akta biayanya kurang lebih 400ribu disesuaikan saja dengan Notarisnya.
5. Meminta perizinan dari negara – Ke Dinas Koperasi setempat

semoga membantu

4 popy June 10, 2009 at 4:05 pm

bagaimanakah kinerja yang diterapkan di dalam koperasi ini ?

5 ati santosa June 14, 2009 at 7:48 pm

pak Edwin,
tertarik dg tulisan bapak di atas, saya ingin menanyakan soal modal awal. jika modal penyertaan kita tawarkan kepada anggota, biasanya apa keuntungan dan atau kerugian yang bakal di dapat oleh anggota. apakah keikutsertaan anggota dalam modal penyertaan itu perlu di tulis dlm bentuk semacam PKS ?
trs andai yg bersedia ikut hanya bbrp orang pendiri, apa bisa dibuat besaran modal penyertaannya di kontra prestasikan dg SHU.
jika boleh, bagaimana baiknya cara menghitungnya?
trks seblmnya

6 untung sulistyo June 22, 2009 at 10:02 pm

pak Edwin,
Saya mau menanyakan langkah – langkah dalam memasarkan produk – produk koperasi syariah seperti musarakah,murabahhah,ijaroh dan lainnya
terima kasih

7 imanika July 10, 2009 at 7:55 pm

Assalamu’alaikum. saya seorang yang ingin sekali membangun koperasi di desa saya, tapi saya masih bingung akan memulai dari mana. desa saya punya potensi besar di bidang pertanian, perikanan dan industri makanan ringan. saya minta saran, terima kasih
wassalam

8 siswanto July 11, 2009 at 6:32 am

Pak Edwin, saya sedang menulis skripsi tentang koperasi syariah nih..blh minta bantuannya untuk referensi…

dan statement2 bpk di web ini sumbernya dari mana? biar saya tulis jelas sumbernya dan bisa di pertanggung jawabkan..

Syukron.

9 Edwin Ardiansyah July 27, 2009 at 10:41 am

Salam kenal Siswanto,

Referensi seperti apa yang bisa saya bantu, untuk tugas akhirnya?
Saat ini di kota bandung sedang digalakan koperasi syariah, secara rutin ada pertemuan
di Gedung MUI Sadang serang bandung setiap Jum’at pagi mulai jam 7

Atas prakarsa MUI yang di pimpinan oleh Pak Arsyad dan Pak Oman kami memberanikan diri
untuk mendirikan koperasi syariah, banyak juga dari warga bandung yang telah membuka koperasi syariah.

Mengenai statement yang saya posting adalah hasil dari pertemuan,

10 Mursalim Sarujin August 10, 2009 at 6:42 am

Assalamu alaikum,
Saya berdomisili di bandung dan saya ingin ikut pelatihan tentang cara operasional koperasi syariah. Mohon bantuan untuk mengirimkan informasi ke email saya.

jazakallahul khair,

Wassalm,

Mursalim Sarujin

11 Edwin Ardiansyah September 7, 2009 at 11:19 am

Salam Mursalim,

Wa’alaikum salam, jika anda ingin tahu cara mendirikan anda dapat mengunjungi pertemuan rutin di mesjid MUI sadang serang bandung, setiap jumat pagi jam 8 wib

12 supriyanto September 7, 2009 at 8:44 pm

saya berencana akan mendirikan koperasi syariah di lampung, modal pribadi sudah saya siapkan dan orang2nya juga sudah saya siapkan tetapi mereka dan saya belum mengerti cara pengoperasian nya, rencana namanya bukan BMT tetpi koperasi syariah ….. (walaupun katanya hampir sama).. untuk itu mohon petunjuk bila ada yg jual buku,CD atau apa saja tulisan cara2 mengoperasikannya… kontak kami 08122193136 atau anto75_pri@yahoo.com
terimakasih

13 jack ppt September 9, 2009 at 9:13 am

kalo sistem yang digunakan
dalam koperasi syariah seperti bagi hasil kayak gimana

14 Yati October 9, 2009 at 10:02 am

Assalamualaikum pak…

Di daerah saya banyak sekali Bank Titil (rentenir).., saya ingin sekali mendirikan koperasi syariah tapi saya sangat awam. Apalagi untuk mengurus pengesahan ke notaris, karena tempat kami jauh dari kota. Malino adalah desa kecil di kaki gunung bawakaraeng sekitar 3 jam dari Makasar klo naik pete2(angkot). Kira2 ada ga ya…cara yang paling sederhana dengan modal minim, kami bisa menjalankan simpan pinjam yang asasnya seperti koprasi syariah??. Mohon pejelasan.. contoh ada yang pinjam uang 500.000, untuk modal dagang, trus cara pengembaliannya bagaimana?. Apakah dengan ketentuan waktu angsuran dgn nilai yg dispakati plus bagi hasil usaha yg dijlankan peminjam?? apakah begitu caranya.., (saya ingin mempraktekan yang kecil2an aja dulu di lingkungan ibu2 pengajian, kalau berkembang dan sudah mengerti baru saya akan mendirikan koperasi syariah yang disyahkan di notaris Amiiin…

Jazakmullah

15 anto October 12, 2009 at 10:20 pm

alh. saya sudah mendirikan koperasi dg nama koperasi kota mandiri yg mempunyai unit simpan pinjam koperasi syariah kota mandiri tetapi kami blm tau cara pembukuan dan operasional, mohon bantuan rekan2 yg mempunyai modul kop.simp.pinjam untuk syariah, bila ada kami siap beli untuk acuan koperasi kami.tks

16 khoirulumri_KU November 11, 2009 at 6:46 pm

Assalam…, saya tinggal di kota Lubuklinggau, sumsel, di sini saya ingin sekali mendirikan koperasi syariah, krn selain mencari keuntungan yang lebih utamanya yaitu menjalankan syiar islam dgn mengurangi ketergantungan para pedagang atau masy. kpd para rentenir dan kop jalanan yg ditinjau secara hkm islam sangat bertolah belakang, saya sangat berterima kasih jika Bapak memberi info dan solusi hingga saya dpt mendirikan kop syariah, Allahu Akbar.., wassalam…..

17 marjiin syam December 12, 2009 at 6:24 am

Yang kami hormati semuanya,kami pengurus Masjid di Surabaya kami dang pengurus lainnya ingin mendirikan koperasi jamaah bagaiman caranya? tolong kami diberikan informasi terimakaasi banyak

18 Edwin Ardiansyah December 12, 2009 at 6:54 am

Assalamu’alaikum Marjiin,
salam kenal, saya Edwin pengelola website koperasisyariah.com

Untuk informasi pendirian koperasi silakan anda download informasinya di bagian Download.

Semoga bermanfaat.

19 hendry December 30, 2009 at 3:50 pm

ass,WR,.WB

saya sedang melakukan penulisan skripsi tentang TINJAUAN YURIDIS KOPERASI SYARIAH DI WILAYAH INDONESIA,.

mohon bantuannya jawaban atas pertanyaan sebagai berikut :
1. jenis2 koperasi syariah apa saja? BMT- kah atau (KOSPIN JASA
PEKALONGAN,Koperasi khairu ummah, koperasi mitra sejati),..

2. BMT,..itu termasuk. KOPERASI SYARIAH Bukan?

3. fatwa2 DSN, yang sekiranya berkenaan dengan koperasi syariah itu apa saja?

Mohon dijawab,..karena satu dan lain hal yang sangat urgent,..

wassalam,..terima kasih,.sesudah dan sebelumnya

20 Edwin Ardiansyah January 4, 2010 at 9:02 am

Koperasi syariah menggunakan “prinsip syariah Islam”. kegiatan usaha koperasi syariah beragam yang terpenting halal, baik dan bermanfaat (thayyib) serta menguntungkan dengan sistem bagi hasil, dan tidak riba perjudian (masyir) serta ketidakjelasan (ghoro).

Produk syariah sudah beragam saat ini, dapat dijalankan oleh koperasi syariah, seperti Baitul Maal wa Tanwil(BMT), Asuransi, Giro, saham dll.

Fatwa dari Dewan Syariah Nasional MUI dapat saja dilakukan oleh koperasi syariah asalkan koperasi syariah telah siap dan mampu melaksanakannya.

21 muhamad Budiman January 30, 2010 at 11:35 am

saya akan mendirikan koperasi bagaimana caranya saya bisa dapatkan atau belajar formulasi dalam koperasi baik yang konvensional maupun syri’ah. terima kasih

22 robby February 8, 2010 at 5:08 pm

asalamualaikum tuk semua nya. saya sudah menjalankan koperasi tapi saya masih banyak kekurangannya pak. yang mau saya tanyakan bagaimana cara untuk proses pengembangan koperasi yang sedang berjalan seperti sekarang ini pak. koperasi sudah berjalan 1,5 tahun. ( satu tahun setengah.) namun masih banyak kendala yang belum terselesaikan. mohon bantuan dan penjelasan nya. terimakasih.

23 ria junita April 15, 2010 at 3:46 pm

assalam mualaikum, saya baru bergabung dg koperasi syariah d daerah saya yaitu d padang sumbara, jd tolong bantu saya berikan penjelasan tentang koperasi simpan pinjam sistem syariahyg lengkap biar saya bisa mengembangkan koperasi dan membantu masyarakat d sekitar lingkungan saya, krn khdpn masyARakt d daerah saya skrg sgt susah paska gempa 30 september kmrn. agar koperasi bisa berkembang, saya sangat mengharapkan balasan k alamat ema,il saya. sblm nya saya ucapkn terima kasih banyak. wasalamualaikum.

24 Ekonomi Syariah April 21, 2010 at 9:41 am

Dear Ukhti,

Untuk saat ini kami hanya dapat menyediakan informasi yang terposting di website ini. kamipun berupaya untuk mengumpulkan ilmu syariah yang berserakan, Do’akan agar kami bisa menghimpunnya.

Jazakillah

25 Hari Mulyatno April 23, 2010 at 2:08 pm

Ass. Wr. Wb.
Pak, saya bisa diberikan masukan, bahwa di Kampung perumahan saya di samarinda berniat ingin mendirikan koperasi simpan pinjam. Waktu sosialisasi ke masyarakat ke warga, saya sebagai salah satu warga keberatan dengan adanya sebutan BUNGA pinjaman bagi warga yang meminjam jika koperasi tersebut terbentuk. Sebagai contoh Bunga Pinjaman 2 % tiap bulan dengan Maksimal pinjaman 1 juta & masa angsuran maksimal 4 bulan. Saya sebagai muslim (mayoritas warga muslim) menolak sistem konvensional tersebut, karena saya baca bahwa sistem perbankan yang ada sangat berbau RIBA. Untuk itu kami mohon diberikan masukan untuk calon koperasi Kapmpung saya ini, supaya sebagai Muslim bisa menyelamatkan atau meluruskan hal yang salah.
Terima kasih.

Wasalam.
Hari Mulyatno

26 Mashans July 29, 2010 at 10:56 pm

Bagaimana sistem laba dari koperasi syari’ah , metodenya
Kalau ada transaksi simpan pinjam akad syari’ahnya seperti apa
Mohon informasinya

Terima Kasih

Wassalam

27 Aci September 14, 2010 at 11:00 pm

assalamu’alaikum.wr.wb.
pak Edwin bagaiman pembukuan Koperasi Syari’ah yang sederhana saja, tolong ya..bisa di kirim lewat emailsaya . trimakasih!

28 Rita September 19, 2010 at 6:59 pm

Assalamu’alaikum..

Pak, kasus seperti Bpk Hari Mulyanto juga terjadi di tempat saya berorganisasi, tapi pengurus koperasi tidak menamakan BUNGA melainkan jasa sebesar 1% perbulan, apakah itu juga termasuk riba?

Jika itu termasuk RIBA apakah lebih baik unit simpan pinjam dalam koperasi itu dihentikannya saja atau adakah masukan dari Bapak cara yang lebih sesuai syariat jika kami masih tetap ingin mengadakan kegiatan simpan pinjam?

Mohon pencerahannya segera pak..

wassalam

29 triyono nurhakim October 21, 2010 at 5:53 pm

Seperti halnya temen temen yang lainnya, Saya termasuk yang mempunyai harapan untuk bisa mendirikan koprasi Syariah. Bagaimana dengan penduduk Non muslim apakah mereka juga boleh masuk ke dalam anggota Koprasi Syariah tersebut.
Trimakasih

30 M. Rasmin, SE November 16, 2010 at 11:19 am

ass. sy berencana membuka koperasi di papua, krn di papua blm ada koperasi syariah, dan bgmn sy bisa mengikuti pelatihan koperasi syariah? sy tggu sousinya. syukron

31 sulaiman November 18, 2010 at 2:59 pm

saya rencana bersama teman ingin buka usaha koperasi syariah tetapi tatapi tata cara untuk buka koperasi tsb belum paham ,miniman berapa biaya/ modal pertama atau simpanan koperasi setiap anggota. mohon bantuannya /saran untuk untuk tahap awal ini

32 Isty November 22, 2010 at 11:15 am

Ass wr wb. kami ingin mendirikan kop simpan pinjam syariah di lingkungan ibu-2 RT, sebelum mendirikan kami ingin sekali mendpt penyuluhan@ ttg kop syariah. kmn n bgmn cara u mengajukan spy kami mendptkan bekal penyuluhan . trims atas jawabannya

33 ariyanti November 26, 2010 at 1:02 pm

besar harapan saya untuk mendirikan koperasi syariah di lingkungan saya, tolong infonya yang lengkap serta step2 nya … makasih.

34 asih December 9, 2010 at 9:10 pm

assalamu’alaikum
Pak Edwin bagaimana cr membagi hasil laba pada kopsyah?alhamdulillah kopsyah kami(tingkat rt.kegiatan pkk) sdh jalan setahun ini,dan mau tutup buku.tapi dari awal kami belum membahas ttg basil,berapa % untuk penanam saham,pelaksana harian &anggota pemanfaat kopsyah?
Trimakasih

35 Ekonomi Syariah December 10, 2010 at 12:27 am

Wa’alaikum salam warahmatullah
Pak Asih, mengenai bagi hasil usaha, sudah tertera pada anggarang dasar koperasi syariah, tinggal diikuti saja.

Semoga membantu

36 luluk December 16, 2010 at 7:26 pm

Assalamu’alaikum.Wr.Wb
Langsung aja Pak, bagaimana proses permohonan sampai pencairan kredit agar terhindarbdari praktek riba?
Karena kalau di ikrarkan di depan pengembaliannya termasuk riba.
Mohon penjelasannya. Trimakasih
Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

37 Rachmat December 22, 2010 at 1:12 pm

Mau tanya, klo ada orang awam nanya beda antara bunga dan bagi hasil, jawabannya apa y ?

38 agus arianto February 14, 2011 at 8:02 pm

pak saya ingin mendirikan koprasi syariah.permasalhan nya saya tidak paham tentang cara atau langkah awal mendirkann nya.bagai mana pembukuan nya ?tolong bapak jelaskan serinci rinci nya terimakasih.

39 asih sigit March 23, 2011 at 8:16 am

Ass,Wr.wb.
sudah lama saya menginginkan untuk buat koperasi Syariah,anggota sudah ada , modal alhamdulillah juga ada,tapi saya bingung dalam pengelolaanya…dan susahnya lagi masyarakat lingkungan saya itu juga awam masalah ini,mereka beranggapan sistem Syariah sama konvesional sama saja..malah kalo Syariah katanya lebih ribet,dan akhirnya saya terapkan seperti apa yang diinnginkan masyarakat ….tapi dalam hati saya selalu bertanta apakah ini bener atau tidak dan bagaimana cara memulai dengan sistem Syariah..biar saya tenang dalam menjalankan usaha koperasi ini.
Terimakasih.
Wasalam,Wr.Wb.

40 Ali March 30, 2011 at 3:22 pm

Pak biasanya hampir mirip aja koprasi syariah cara kerjanya dengan koprasi pada umumnya , gi mana pak menurut anda dengan asumsi itu , sepertinya memang da pak sebagiaan , terus bagaimana pak jika ada koprasi yang sayariah tapi menjalankannya seperti konvensional. tolong tanggapannya makasih pak.

41 Joni Komara April 12, 2011 at 2:48 pm

bagaimana cara bikin koperasi baru??

42 yayah April 24, 2011 at 1:23 pm

Ass.wr.wb,
apa perbedaan koperasi biasa dan koperasi syariah ( simpan pinjam )
terimakasih.

43 muhammad syarfie May 3, 2011 at 5:41 am

Assalamualaikum wr wb
Apa kabar Pak?
Saya berminat membuka koperasi syariah di palembang? Bagaimana caranya?

44 ocky Wibawa May 26, 2011 at 2:57 pm

Assalamualaikum wr wb …
Saya mau tanya, klo cara efektif untuk memasarkan produk koperasi khususnya di koperasi serba usaha, mungkin selama ini orang banyak mengenal tentang koperasi simpan pinjam saja….untuk melakukan pendekatan ke masyarakat gimana caranya ya pak?
mungkin pertanyaannya agak aneh, maaf sebelumnya…

terimakasih…wassalam wr wb..

45 alwan saputra August 18, 2011 at 8:54 am

Insya Allah kami dari MUI Kab.Bulungan Kaltim juga akan mendirikan Koperasi Syariah.Semoga dengan semakin tingginya minat umat Islam berSyariah membawa keberkahan bagi bangsa ini. Amiin.

46 sarwadi October 15, 2011 at 8:22 pm

saya ingin minta pendapat, saran, dan masukan bapak dan ibu terkait dengan pendirian koprasi karena masyarakat Dasan Bumbang akan mendirikan koprasi yang beranggotakan lebih dari seratus orang. terimakasih

47 Deni December 8, 2011 at 3:00 pm

saya mau pinjam uang kira@ 10 juta jaminannya sertifikat rumah itu bisa tidak terus cicilannya berapa yah untuk 3 tahun/2 tahun.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: