Definisi Riba

by admin on February 8, 2009

Definisi Riba

Riba berarti menetapkan bunga/melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok, yang dibebankan kepada peminjam. Riba secara bahasa bermakna: ziyadah (tambahan). Dalam pengertian lain, secara linguistik riba juga berarti tumbuh dan membesar . Sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara bathil. Ada beberapa pendapat dalam menjelaskan riba, namun secara umum terdapat benang merah yang menegaskan bahwa riba adalah pengambilan tambahan, baik dalam transaksi jual-beli maupun pinjam-meminjam secara bathil atau bertentangan dengan prinsip muamalat dalam Islam.

Riba dalam pandangan agama

Riba bukan cuma persoalan masyarakat Islam, tapi berbagai kalangan di luar Islam pun memandang serius persoalan riba. Kajian terhadap masalah riba dapat dirunut mundur hingga lebih dari 2.000 tahun silam. Masalah riba telah menjadi bahasan kalangan Yahudi, Yunani, demikian juga Romawi. Kalangan Kristen dari masa ke masa juga mempunyai pandangan tersendiri mengenai riba.

Incoming search terms:

  • pengertian riba
  • definisi riba
  • apa itu riba
  • pengertian riba dalam islam
  • maksud riba
  • maksud riba dalam islam
  • apa yang dimaksud dengan riba
  • pengertian riba menurut islam
  • definisi riba dalam islam
  • apa yang dimaksud riba

{ 6 comments… read them below or add one }

1 andre November 1, 2009 at 9:09 am

antara riba sama margin apa bedanya?
kebetulan saya karja d salah 1 koprasi berbasis syariah.menurut senior2 saya sistem yang di terapkan sistem bgi hasil.namun yang saya perhtikan walau sistem yang di tarapkan sistem bagi hasil bunga/margin yang d kenakan kepada yang meminjam dana masih terlalu besar.contoh pnjaman Rp.6.000.000 selama 3tahun dengan angsuran Rp.316.000/bulan.dan total selama 3tahun uang yang harus d kembalikan si peminjam tadi Rp.11.376.000 hampir setengah dari pinjaman.bunga/margin per-bulannya 2,5%.apa itu tidak termasuk riba?tolong pendapatnya ke email:andrysukmana@yahoo.co.id teriama kasih.

2 darmawan July 13, 2010 at 3:46 pm

saya masih bingung nih.. kalau kita menabung dengan adanya bunga sama dengan riba. dan apa bedanya dengan bagi hasil… dan seandainya rugi bisa tidak untuk bagi rugi.. tolong penjelasanya trims..

3 NURMA July 30, 2010 at 3:17 pm

Saya mualai bekerja di koperasi simpan pinjam, setelah beberapa hari saya sadar tenyata koperasi tempat saya bekrja itu simpan pinjam uang (semacam bank) nah, saya mau keluar dari koperasi itu berarti saya harus tombok 3,5 juta. padahal uang itu dulu cuma utang. nah, kalau saya tetap bekrja tetapi niat saya hanya untuk mengembalikan hutang dan saya akan keluar stelah hutang2 semua lunas ? bagaimana kalau begitu ? boleh tidak ?
saya bingung sekali tolong juga pendapatnya. kirim ke nurmaisha@yahoo.co.id

4 SITI YULINDA August 27, 2010 at 9:51 am

Apakah jual-beli uang di HARAMKAN?

5 erwin November 11, 2010 at 5:47 pm

ASsalammualaikum,saya mempunyai langganan tg ingin meminjam uang sebanyak 250 jt.. masalahnya dia ingin meminjamnya selama 1 thn, sedangkan uang sdh saya dimasukkan deposito per bulan,dan hasilnya sy mendapatkanbunga deposito(jujur aja sy msh binggung ttg hal ini, riba atau bukan) pertanyaan saya kalo sy blg ke langganan utk bagi hasil boleh tidak?? terserah dia uangnya di gunakan utk apa, krn sy tidak mau ingin uang riba,tetapi alasan dia pinjam uang adalah mau membangun rumah.. dan dia ada uang tp uangnya utk usaha dagangnya.. jd kalo saya blg uangnya diguanakan utk usahanya dan keuntungan di bagi dua gmana?? tp dia inginnya uang yg dipinjam sesuai bunga deposito aja.. krn kalo tdk sy beri nanti dia tdk berbelanja lg ma saya(krn dia termasuk langganan besar saya) tolong di berikan jawwban dr segi agama islam krn sy tdk mau makan uang riba, terima ksh dan wassalam…

6 Iwan April 11, 2011 at 12:45 am

Assalamualaikm wr wb.sblmnya saya minta maaf karena ingin menanyakan suatu, bagaimana hukum jual beli dalam bentuk angsuran yang berbeda harganya saat dijual dalam bentuk cash dan kredit?
Apakah ini termasuk riba atau tidak?

Leave a Comment

Previous post:

Next post: